----- -----
== Ads ==

Weekend Banking Itu Apa ? Pengertian Singkat Weekend Banking

== Ads ==
Apa Itu Weekend Banking ? Dari kata katanya sudah bisa di tebak bahwa pengertian weekend maksudanya akhir pekan (sabtu dan minggu) sedangkan Banking artinya perbankan (kegiatan yang berhubungan dengan bank). Secara singkat pengertian Weekend Banking adalah bank yang masih tetap beroperasi pada akhir pekan yaitu hari sabtu dan minggu.

Di Indonesia kami lihat hanya bank bank BUMN (Bank BRI, Mandiri, BNI) sedangkan BTN masih jarang yang masih tetap melayani hari sabtu dan minggu, bank swasta hanya bank BCA yang kami lihat di berbagai pusat pertokoan besar seperti Mal atau Grosir, itupun di kota kota Besar.
Layanan bank Weekend Banking terbatas, tidak seperti hari biasa atau hari kerja, maksudnya terbatas di sini tidak semua fitur dapat di fungsikan. Misalnya transfer ke bank lain melalui teller, Hal ini di karenakan bank lain tutup tidak melayani di Weekend.

Weekend Banking

Secara umum perbedaan antara weekend banking dengan reguler banking terletak di jam operasional bank, hari layanan, serta jenis layanan. Dilihat dari jam operasional, biasanya weekend banking tidak melayani layanan perbankan secara penuh, biasanya buka agak siang jam 9 atau jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

Sementara dilihat dari hari layanan, sangat jelas bahwa weekend banking melayani nasabah pada akhir pekan, sedangkan pada reguler banking dilakukan pada weekday atau hari kerja. Dan jenis layanan yang di sediakan oleh weekend banking yakni beberapa bank rata-rata tidak melayani kliring di hari itu, serta tidak melayani layanan real time gross settlement (RTGS) atau yang biasa dikenal dengan transaksi antar bank.

Layanan Weekend banking ini jelas jelas menguntungkan bagi para nasabah yang sibuk bekerja, hingga tidak sempat lagi ke kantor bank sekedar setor tunai untuk mengisi saldo tabungan yang sudah kosong. Jadi mereka memanfaatkan hari libur untuk ke bank mendapatkan fasilitas weekend banking ini.

Sebagian bank mensiasati agar nasabah tetap bisa setor tunai, yaitu dengan memasang fasilitas ATM setor tunai atau CDM (Cash Deposit Mechine) dan kami juga lihat salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yaitu BCA juga menyediakan mesin ATM yang canggih berupa Cash Recycle Mechine (CRM) yang dapat di gunakan transaksi setor tunai, transaksi non tunai dan sekaligus dapat di gunakan untuk tarik tunai.

Demikianlah pengertian dari Weekend Banking, silahkan manfaatkan layanan perbankan yang dilakukan pada akhir pekan ini yaitu sabtu dan minggu.

#Topik terkait apa yang di maksud Weekend Banking, apa pengertian Weekend Banking, weekend banking itu apa, tujuan Weekend Banking, keuntungan Weekend Banking, jenis layanan Weekend Banking, bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, BTN, CIMB, BRI Syariah, BNI syariah, BCA syariah, Mandiri Syariah, bank di indonesia.
Advertisement
Weekend Banking Itu Apa ? Pengertian Singkat Weekend Banking
== Ads ==
Buka Komentar